Alternatif BBM, Toyota Mirai 2022 Menggunakan Bahan Bakar Hidrogen

Author
Published April 25, 2022
Alternatif BBM, Toyota Mirai 2022 Menggunakan Bahan Bakar Hidrogen
Toyota Mirai

Bahan bakar alternatif pasti dibutuhkan jika melihat kondisi harga minyak dunia saat ini. Kenaikan harga minyak dunia akibat konflik Ukraina dan Rusia yang berdampak pada perekonomian internasional tentunya membutuhkan energi alternatif lain untuk menghindari krisis energi. Hidrogen dapat menjadi bahan bakar alternatif untuk penggerak kendaraan, baik mobil maupun kereta api.

Mengutip situs web Departemen Energi AS, hidrogen adalah bahan bakar alternatif yang dapat diproduksi dari bahan yang tersedia secara lokal. Di Amerika Serikat, hidrogen adalah bahan bakar alternatif yang diatur oleh Undang-Undang Kebijakan Energi tahun 1992.

Hidrogen merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang banyak diminati untuk penelitian selanjutnya. Karena hidrogen memiliki kemampuan untuk diproduksi secara lokal dan tidak memiliki emisi. Bahan bakar hidrogen dapat diproduksi menggunakan elektrolisis air oleh pembangkit listrik tenaga angin atau pembangkit listrik ramah lingkungan lainnya.

Di dunia, mobil hidrogen terutama diperdagangkan di Amerika Serikat dan Eropa. Salah satunya adalah Toyota Mirai 2022. Apa saja spesifikasi mobil tersebut? Berikut ulasannya

Spesifikasi Hidrogen Toyota Mirai 2022 Sebagai Alternatif Bahan Bakar

Dari laman Toyota USA, Toyota 2022, Mirai lahir dengan desain yang inovatif. Toyota Mirai memberikan kesan berkendara yang berbeda saat Anda mencobanya. Toyota Mirai hanya membutuhkan sekitar lima menit injeksi hidrogen untuk mengisi bahan bakar sepenuhnya. Toyota 2022 Mirai memiliki dua varian, XLE dan Limited.

Toyota Mirai 2022 menggunakan Toyota Fuel System (TFCS) sebagai penggeraknya. Jenis TFCS yang digunakan adalah sel bahan bakar elektrolit polimer. Daya maksimum yang dapat dihasilkan sistem adalah 128 kW. Sistem berbobot 32 kilogram dengan jumlah sel bahan bakar di dalamnya mencapai 330 unit.

Untuk melengkapi sistem, kendaraan ini memiliki tiga tangki hidrogen. Tangki tersebut mampu mengangkut hidrogen dengan kapasitas 5,6 kg. Untuk bahan bakar ini, Mirai diklaim mampu menempuh jarak 402 mil.

Agar fuel cell bisa bekerja, mobil ini tentunya membutuhkan baterai. Toyota Mirai 2022 menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 310,8 volt. Kapasitas baterai adalah 1,24 kWh. Bobot baterai pada Toyota Mirai 2022 adalah 44,6 kg.

Kendaraan ini menggunakan penggerak roda belakang dengan motor listrik sinkron magnet permanen. Motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 182 hp. Torsi maksimum motor adalah 300 lb-ft. Mobil ini memiliki tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal dan Sport.

Dikutip dari laman Toyota America, mobil ini berkapasitas lima orang. Perbedaan Toyota 2022 Mirai XLE dengan standar terletak pada fitur eksterior dan interior.

Kedua varian dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 2.5+ dan Blind Spot Monitor (BSM) dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Toyota Safety Sense 2.5+ memiliki fitur seperti radar kendaraan yang dapat membantu Anda berkendara dengan aman dan nyaman.

Sumber: Kumparan

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads