Kawasaki Gandeng Airbus Kembangkan Ekosistem Bahan Bakar Hidrogen

Author
Published April 25, 2022
Kawasaki Gandeng Airbus Kembangkan Ekosistem Bahan Bakar Hidrogen
Kawasaki

Meski terpisah dari divisi sepeda motornya, pengembangan hidrogen Kawasaki Heavy Industries sebagai bahan bakar alternatif terus berlanjut.

Perusahaan Jepang baru-baru ini menandatangani Nota Kesepakatan dengan salah satu maskapai penerbangan terkemuka dunia, Airbus. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan dan membangun ekosistem bahan bakar hidrogen di Jepang.

Tujuan dari kesepakatan tersebut, keduanya akan meluncurkan roadmap terkait pengembangan infrastruktur pendukung. Terutama yang berkaitan dengan aspek rantai pasokan hidrogen, mulai dari produksi hingga pengiriman ke bandara atau hub hidrogen bandara.

Penandatanganan MoU tersebut diwakili langsung oleh President Airbus Japan, St├ęphane Ginoux, CEO Kawasaki dan Deputy General Manager of Hydrogen Strategy Motohiko Nishimura.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kawasaki sebagai pemasok hidrogen terkemuka di Jepang. Kemitraan ini jelas mempercepat dan membantu misi pemerintah Jepang menuju tujuan netral karbon. Kami percaya bahwa penggunaan bahan bakar hidrogen di dunia penerbangan dapat mengurangi dampak iklim selama ini terhadap pesawat komersial.”

Airbus akan menyumbangkan informasi tentang karakteristik pesawat, penggunaan energi armada dan teknologi pesawat berbahan bakar hidrogen untuk lebih mengembangkan kebutuhan transportasi darat.

Sebagai gantinya, Kawasaki akan membantu mengembangkan infrastruktur untuk skenario distribusi rantai pasokan di bandara sasaran. Kawasaki Hydrogen adalah energi bersih yang tidak menghasilkan karbon dioksida dan sangat cocok untuk energi berkelanjutan.

Kami mengkhususkan diri dalam pengembangan infrastruktur, transportasi, dan penyimpanan yang berkontribusi pada pengembangan dan perluasan rantai pasokan untuk pasar hidrogen. Kami yakin bahwa teknologi kami akan menghubungkan wilayah produksi dan konsumsi hidrogen, menciptakan rute baru yang disebut Rute Hidrogen,” kata Nishimura.

Sepeda Motor Hidrogen Kawasaki

Sebelumnya, Kawasaki merilis gambar konsep sepeda motor dan bentuk mesin hidrogen yang dikembangkan pada Oktober 2021, dan juga bekerja sama dengan Yamaha untuk melakukan penelitian dan pengembangan mesin hidrogen.

Sejak 2010, Kawasaki Heavy Industries telah berfokus pada hidrogen sebagai sumber energi terbarukan dan telah mengembangkan teknologi untuk memproduksi, mengangkut, dan menggunakan hidrogen untuk memenuhi kebutuhan rantai pasokan perusahaan.

Kawasaki saat ini sedang melakukan uji verifikasi di Jepang untuk transportasi hidrogen, yang dihasilkan dari jenis lignit atau batubara dari Australia, ke mesin pembakaran internalnya.

Sementara itu, Yamaha sedang mengembangkan mesin hidrogen yang bisa digunakan sebagai mesin sepeda motor di masa depan. Karena perusahaan ini juga mengejar tujuan netral karbon untuk tahun 2050.

Ini pasti akan sangat menarik di masa depan, terutama untuk industri sepeda motor. Apa yang Kawasaki sebut karakteristik mesin pembakaran dalam dan suara yang dihasilkan merupakan bagian tak terpisahkan dari sepeda motor. 

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads