Mobil Listrik Rp 400 Jutaan Siap Diproduksi di Indonesia Tahun Ini

Author
Published April 25, 2022
Mobil Listrik Rp 400 Jutaan Siap Diproduksi di Indonesia Tahun Ini
Mobil Listrik
sumber kumparan.com

Pilihan kendaraan listrik di Indonesia diperkirakan akan meningkat lagi tahun ini. Ada banyak kendaraan listrik yang berpeluang besar untuk diluncurkan dan dirakit di Indonesia mulai tahun ini.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kou. Kementerian Perindustrian IMATAP Cabang Industri Alat Angkutan Jalan Dodiet Prasetyo mengatakan ada kendaraan listrik yang akan mulai diproduksi di Indonesia pada akhir 2022 dengan harga terjangkau.

Dodiet menjelaskan dalam diskusi pengembangan mobil listrik di Indonesia yang diselenggarakan oleh Indef "Harapannya nanti di akhir tahun ini, kami mohon doanya supaya nanti ada produksi EV dengan harga kurang lebih Rp 400 juta,"

Lebih lanjut, Dowdette mengatakan bahwa kemungkinan mobil listrik dibanderol dengan harga mendekati Rp. 400 juta diharapkan menjadi solusi program akselerasi kendaraan listrik baterai yang dicanangkan pemerintah.

Dodiet mengatakan bahwa sebagian besar kendaraan listrik murni yang dipasarkan di negara saat ini dibanderol dengan harga lebih dari Rp. 600 jutaan, sehingga menyulitkan masyarakat untuk menjangkau mayoritas yang hanya mampu dengan kisaran harga mobil listrik sekitar Rp. 300 juta.

“Sebagian besar sekitar 70 hingga 80 persen jenis mobil yang dibeli masyarakat Indonesia berada pada kisaran harga sekitar Rp 300 juta. Sementara berdasarkan ketersediaan, jenis mobil listrik yang diimpor ke Indonesia saat ini rata-rata dibandrol pada kisaran harga Rp 800 juta, ”jelas Dodiet.

Untuk menurunkan harga, kata Dodiet, salah satu caranya adalah dengan memperkecil dimensi kendaraan listrik, yang tentunya akan berdampak pada baterai yang lebih kecil. Pasalnya, harga baterai saat ini masih menjadi faktor yang paling berperan dalam menentukan harga mobil listrik.

“Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi jenis baterai dan menghasilkan mobil yang kecil. Ini sedang kita diskusikan dengan APM agar bisa diterapkan di Indonesia,” kata Dodiet.

Meski ia memberi sinyal tentang rencana kehadiran mobil listrik kecil seharga Rp. 400 juta, Dodiet belum bisa memberikan informasi detail kendaraan listrik tersebut.

Di antara banyak peluang di luar sana, mobil listrik kecil senilai Rp. 400 juta adalah Wuling GSEV. Hal ini berdasarkan pernyataan dari Wuling Motors, Dian Asmahani yang melaporkan bahwa kendaraan listrik Wuling GSEV akan mulai diproduksi tahun ini.

“Bahkan kami sangat siap memproduksi mobil listrik. Jadi pasti akan diproduksi dan akan hadir di Indonesia tahun ini,” kata Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors, saat ditemui di sela-sela IIMS 2022. Hibrida.

Selanjutnya, Wuling GSEV akan memiliki status CKD atau perakitan dalam negeri dan akan memiliki desain yang berbeda dibandingkan dengan Wuling GSEV yang dipasarkan di China. 

sumber: kumparan.com

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads